Senin, 28 Februari 2011

Konsep Ilmu Budaya Dasar Kesustraan

Ilmu budaya dasar merupakan pembelajaran yang di dalamnya mengandung nilai-nilai kebudayaan, baik yang berlaku sejak dulu hingga sekarang. Di dalamnya terdapat rupa missal kesenian yang merupakan salah satu dari kebudayaan. Kita sebagai makhluk yang tinggal di muka ini adalah penting untuk mempelajari hal tersebut.
Dalam Konsep Ilmu Budaya Dasar ini adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia dan kebudayaan yang berlangsung secara berdampingan. Termasuk sastra yang merupakan hasil daripada karya seni yang diciptakan oleh manusia atas dasar kebudayaan. Karya seni yang berbentuk abstraksi.
Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normatif, seni lebih mudah berkomunikasi. Karena tidak normatif, nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya. Hampir disetiap jaman, sastra mempunyai peranan yang lebih penting. Alasan pertama, karena sastra mempergunakan bahasa. Sementara itu, bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pemyataan kegiatan manusia.
Dalam usahanya untuk mengatur hubungan antara sesamanya yang kemudian melahirkan ilmu-ilmu sosial, manusia mempergunakan bahasa. Dengan demikian, manusia dan bahasa pada haketnya adalah satu. Kenyataan inilah mempermudah sastra untuk berkomunikasi. Karena seni memegang peranan penting, maka seniman sebagai pencipta karya seni juga penting, meskipun yang lebih penting adalah karyanya
Dari penjabaran di atas merupakan bagian dari beberapa hal yang mengenai tentang Konsep Ilmu Budaya Dasar Kesustraan. Yang pada intinya adalah ilmu yang mempelajari masalah atau persoalan pada manusia dan kebudayaan yang dimilikinya. Kebudayaan yang memang harus dipelajari untuk keberlangsungan hidup manusia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar