Selasa, 02 November 2010

TOLERANSI UMAT BERAGAMA

       Toleransi adalah sifat saling memahami dan mengerti satu sama lain dalam keberlangsungannya kehidupan sosial. Toleransi sangat dibutuhkan untuk menjaga keutuhan hidup masyarakat. Karena dengan toleransi, semua perbedaan akan menjadi satu tanpa adanya perpecahan. 

     Contoh adalah toleransi umat beragama. Di Indonesia, seseorang mempunyai hak untuk memilih keyakinan dan kepercayaannya masing-masing. Dan itu sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena merupakan bagian dari UUD 1945. 

     Toleransi dalam umat beragama sangat berperan penting dalam suatu tatanan negara. Negara Indonesia adalah negara yang mempercayai adanya ke-Tuhanan Yang Maha Esa, yang terdapat pada sila ke-1. Untuk itu dalam membangun suatu negara perlu adanya persatuan yang mempunyai visi dan misi yang sama. Walau agama yang dianut bangsa berbeda-beda. Tetapi itu bukan menjadi kendala.

      Dengan tujuan yang sama, pasti negara akan maju dan sejahtera. Sikap saling menghormati, menghargai satu sama lain, memberi kesempatan, menghindari pertikaian antar umat beragama, tenggang rasa, peduli terhadap sesama, saling membantu dan menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Itu semua merupakan rasa toleransi yang harus dimiliki setiap orang. Agar negara ini berjalan dengan aman, tanpa adanya pertikaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar