Selasa, 29 Maret 2011

Manusia Dan Keindahan Jilid 2

          Sebagai makhluk budaya dan sosial serta yang lainnya, manusia mutlak membutuhkan keindahan disetiap segi dan aspek hidupnya. Baik yang berhubungan dengan dirinya sendiri, orang lain, lingkungan hidup dimana ia tinggal, peralatan, aksesori, kesenangan/ hoby, hal hal sepiritual dan lain sebagainya. Manusia merasa lega, puas, mantap, percaya diri, tenang, bahagia dan terasa indah, jika semua yang diinginkan dapat terwujut seperti yang diharapkan/ dibutuhkan. Segala usaha dilakukan manusia untuk meningkatkan kualitas dan memenuhi kebutuhan hidupnya agar menjadi lebih indah, bahagia dan lebih tentram.

          Pendukung dari keindahan adalah manusia. Manusia yang bermasyarakat yang memiliki kapasitas dan perananya sebagai pengguna, pelestari, dan pengembang. Tentunya manusia harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang telah disebutkan tadi. Hasil karya manusia berupa ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, bangunan gedung, menara, kriya dan peralatan peralatan yang dihasilkan oleh manusia sebelumnya, maupun di jamanya. Semua itu merupakan bentuk atau wujud daripada suatu keindahan yang berasal dari manusia. Keindahan merupakan sesuatu yang berharga, berfaedah atau bermanfaat.

          Estetika yang merupakan bagian atau memiliki hubungan dari suatu keindahan. Keguaaan estetika ialah untuk meningkatkan kualitas harkat dan martabat manusia. Dengan mengekpresikan/ mengaktualisasikan kemampuanya, manusia berarti melakukan aktivitas, berkreasi, melakukan kegiatan, dan berusaha agar menghasilkan sesuatu yang dapat meningkatkan hidupnya menjadi lebih baik/ bermutu.

          Estetika bermanfaat untuk meningkatkan cita rasa, supaya kehidupan manusia menjadi lebih bahagia, tentram, damai, seperti yang menjadi tujuan hidup setiap manusia. Keindahan berguna untuk menjadikan seseorang lebih manusiawi dan bermartabat. Maka, keindahan pada hakikatnya merupakan dambaan setiap manusia, karena dengan keindahan itu manusia merasa nyaman hidupnya. Melalui suasana keindahan itu perasaan kemanusiaannya tidak akan terganggu dan kehidupannya terasa damai dan tentram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar