PENDAHULUAN
-
A. LATAR BELAKANG
PT. Rosalia Express merupakan perusahaan
swasta yang bergerak di bidang jasa Pengiriman
barang yang mencakup akan kebutuhan
distribusi dan logistik. Pelayanan jasa distribusi pengiriman barang sudah
dikenal sejak dahulu khususnya 10 tahun terakhir. Kebutuhan ini terus-menerus
berkembang sejalan dengan kemajuan usaha-usaha bisnis dan pelayanan jasa
pengiriman yang semakin hari dirasakan semakin dibutuhkan. Walaupun era
globalisasi berkembang sedemikian pesatnya sekarang ini, namun peranan layanan
jasa pengiriman ini pun tidak kalah pentingnya sebagai sarana pelangkap
sekaligus penunjang bagi aktifitas operasional perusahaan-perusahaan ataupun
individu- individu dalam hubungannya dengan pihak ketiga.
Desakan kebutuhan akan pelayan jasa
pengiriman barang dirasakan tetap terus meningkat dan dibutuhkan dari waktu ke
waktu. Di tengah derasnya persaingan usaha yang demikian ketatnya dalam dunia
perekonomian yang masih belum dapat dikatakan sehat secara makro, namun dengan
didasarkan pada modal intergritas dan sumber daya manusia yang berkualitas di
bidang jasa pengiriman, PT. Rosalia Express mencoba untuk menjawab kebutuhan
akan pelayan jasa tersebut yang mencakup kebutuhan distribusi dan logistik.
Konsentrsi utama perusahaan ini adalah pelayanan jasa yang semaksimal mungkin
bagi semua pelanggan yaitu CEPAT, TEPAT DAN AMAN dalam penyampaian
pengiriman. Karena bagi PT. Rosalia Express Kepuasan pelanggan adalah kepuasan
kami dan merupakan kebanggaan bagi PT. Rosalia Express bisa membantu pelanggan
dalam bidang jasa pengiriman barang.
B. RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut,
maka dapat dirumuskan masalah dalam penulisan ini yaitu bagaimana pelaksanaan
prosedur pengiriman paket sampai ditangan konsumen dalam upaya dapat memberikan
kepuasan konsumen pada PT. Rosalia Express?
C. TUJUAN
Tujuan penulisan ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan prosedur pengiriman paket sampai ditangan konsumen dalam
upaya dapat memberikan kepuasan konsumen pada PT. Rosalia Express.
LANDASAN
TEORI
A. PENGERTIAN ORGANISASI
Stephen P. Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
B. PENGERTIAN MANAGEMENT
Manajemen menurut Handoko (1985:8),
adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha – usaha
para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi
lainya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
C. PENGERTIAN PROSEDUR
Prosedur
menurut Baridwan (1990:3), adalah suatu urutan pekerjaan biasanya beberapa
orang dalam satu bagian atau lebih, yang disusun untuk menjamin adanya
pelaksanaan yang seragam terhadap transaksi – transaksi perusahaan yang
terjadi.
D. PENGERTIAN
JASA
Jasa
menurut menurut A. Zethhmal and Jo Bitner dalam Lupiyoadi (1996:5) adalah semua
aktivitas ekonomi yang menghasilkan tidak merupakan produk dalam bentuk fisik
atau kontruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang
dihasilkan dan memberikan nilai tambah (seperti misalnya kenyamanan, hiburan,
kesenangan atau kesehatan) atau pemacahan atas masalah yang dihadapi konsumen.
E.
PENGERTIAN SALURAN DISTRIBUSI
Saluran
distribusi menurut Organisasi Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia (2008:1),
adalah suatu jalur perantara pemasaran baik transportasi maupun penyimpanan
suatu produk barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
PEMBAHASAN MASALAH
Keterangan
gambar 3.14 flow chart prosedur pengiriman paket sampai di tangan
konsumen pada PT Rosalia Express:
a.
Pengirim atau konsumen datang customer service melakukan penimbangan.
b.
Customer service membuat surat pengiriman (SP), salah satu dokumen surat
pengiriman menjadi bukti pengiriman paket pada konsumen.
c.
Customer service memberikan label SP pada barang, dan pengepakan barang
apabila barang perlu untuk dilakukan packing.
d.
Barang dimasukkan ke gudang
e.
Pemberangkatan dengan pembuatan dokumen penyerta yaitu cargo manifest kemudian
dilakukan pemilahan barang sesuai dengan kota tujuan setelah dilakukan
pemisahan paket dinaikkan ke armada (loading).
f.
Paket yang akan diberangkatkan dari agen dilaporkan ke kepala wilayah yang
ditunjuk dan dilakukan controlling paket melalui alat komunikasi, dan di
pantau untuk kedatanganya.
g.
Sampai agen tujuan barang diturunkan dari armada (unloading) dan controlling
barang dengan melihat dokumen penyerta surat pengiriman dan cargo
manifest selanjutnya barang dipisahkan sesuai dengan dokumen penyerta untuk
di delivery sampai ke konsumen atau penerima.
h.
Setelah barang sampai ke tangan konsumen namun apabila barang tidak sesuai
dengan yang diharapkan maka konsumen dapat mengajukan komplain kepada customer
service PT. Rosalia Express.
DAFTAR PUSTAKA
Handoko, T. Hani.1984. Manajemen.
Yogyakarta: BPFE
Baridwan, aki, 1990. Prosedur dan
Metode Sistem Akutansi, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen
Pemasaran Jasa, edisi 1. Jakarta: Salemba empat
Untuk Rosalia Express
BalasHapusBoss paketan saya (saiful Anam)dari Ciujung tujuan Barong dg nmor : 140121762 berangkat tgl 09/09/14 sampai skarang tgl 16/09/14 belum nyampek2 , sebenarnya nyangkut dimana to Boss