Minggu, 09 Oktober 2011

PT. ROSALIA EXPRESS (Teori Organisasi Umum 1 #)


PENDAHULUAN
  1. A.   LATAR BELAKANG
PT. Rosalia Express merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa Pengiriman barang  yang mencakup akan kebutuhan distribusi dan logistik. Pelayanan jasa distribusi pengiriman barang sudah dikenal sejak dahulu khususnya 10 tahun terakhir. Kebutuhan ini terus-menerus berkembang sejalan dengan kemajuan usaha-usaha bisnis dan pelayanan jasa pengiriman yang semakin hari dirasakan semakin dibutuhkan. Walaupun era globalisasi berkembang sedemikian pesatnya sekarang ini, namun peranan layanan jasa pengiriman ini pun tidak kalah pentingnya sebagai sarana pelangkap sekaligus penunjang bagi aktifitas operasional perusahaan-perusahaan ataupun individu- individu dalam hubungannya dengan pihak ketiga.
Desakan kebutuhan akan pelayan jasa pengiriman barang dirasakan tetap terus meningkat dan dibutuhkan dari waktu ke waktu. Di tengah derasnya persaingan usaha yang demikian ketatnya dalam dunia perekonomian yang masih belum dapat dikatakan sehat secara makro, namun dengan didasarkan pada modal intergritas dan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang jasa pengiriman, PT. Rosalia Express mencoba untuk menjawab kebutuhan akan pelayan jasa tersebut yang mencakup kebutuhan distribusi dan logistik. Konsentrsi utama perusahaan ini adalah pelayanan jasa yang semaksimal mungkin bagi semua pelanggan yaitu CEPAT, TEPAT DAN AMAN dalam penyampaian pengiriman. Karena bagi PT. Rosalia Express Kepuasan pelanggan adalah kepuasan kami dan merupakan kebanggaan bagi PT. Rosalia Express bisa membantu pelanggan dalam bidang jasa pengiriman barang.

       B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah dalam penulisan ini yaitu bagaimana pelaksanaan prosedur pengiriman paket sampai ditangan konsumen dalam upaya dapat memberikan kepuasan konsumen pada PT. Rosalia Express?

       C.  TUJUAN
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan prosedur pengiriman paket sampai ditangan konsumen dalam upaya dapat memberikan kepuasan konsumen pada PT. Rosalia Express.


LANDASAN TEORI


A.   PENGERTIAN ORGANISASI
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

B.   PENGERTIAN MANAGEMENT
Manajemen menurut Handoko (1985:8), adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

C.   PENGERTIAN PROSEDUR
Prosedur menurut Baridwan (1990:3), adalah suatu urutan pekerjaan biasanya beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, yang disusun untuk menjamin adanya pelaksanaan yang seragam terhadap transaksi – transaksi perusahaan yang terjadi.

            D. PENGERTIAN JASA
Jasa menurut menurut A. Zethhmal and Jo Bitner dalam Lupiyoadi (1996:5) adalah semua aktivitas ekonomi yang menghasilkan tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau kontruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan memberikan nilai tambah (seperti misalnya kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan) atau pemacahan atas masalah yang dihadapi konsumen.

E. PENGERTIAN SALURAN DISTRIBUSI
Saluran distribusi menurut Organisasi Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia (2008:1), adalah suatu jalur perantara pemasaran baik transportasi maupun penyimpanan suatu produk barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
                                                           


PEMBAHASAN MASALAH



Keterangan gambar 3.14 flow chart prosedur pengiriman paket sampai di tangan konsumen pada PT Rosalia Express:
a. Pengirim atau konsumen datang customer service melakukan penimbangan.
b. Customer service membuat surat pengiriman (SP), salah satu dokumen surat pengiriman menjadi bukti pengiriman paket pada konsumen.
c. Customer service memberikan label SP pada barang, dan pengepakan barang apabila barang perlu untuk dilakukan packing.
d. Barang dimasukkan ke gudang
e. Pemberangkatan dengan pembuatan dokumen penyerta yaitu cargo manifest kemudian dilakukan pemilahan barang sesuai dengan kota tujuan setelah dilakukan pemisahan paket dinaikkan ke armada (loading).
f. Paket yang akan diberangkatkan dari agen dilaporkan ke kepala wilayah yang ditunjuk dan dilakukan controlling paket melalui alat komunikasi, dan di pantau untuk kedatanganya.
g. Sampai agen tujuan barang diturunkan dari armada (unloading) dan controlling barang dengan melihat dokumen penyerta surat pengiriman dan cargo manifest selanjutnya barang dipisahkan sesuai dengan dokumen penyerta untuk di delivery sampai ke konsumen atau penerima.
h. Setelah barang sampai ke tangan konsumen namun apabila barang tidak sesuai dengan yang diharapkan maka konsumen dapat mengajukan komplain kepada customer service PT. Rosalia Express.



DAFTAR PUSTAKA

Handoko, T. Hani.1984. Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Baridwan, aki, 1990. Prosedur dan Metode Sistem Akutansi, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 1. Jakarta: Salemba empat
                                      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar