Senin, 29 November 2010

Pulau Danau Rote



Pulau Dana Rote (Ndana Rote) adalah pulau paling selatan di Kabupaten Nusa Tenggara Timur. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya dijaga oleh Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (SATGASPAM) Marinir TNI AL. Pulau ini berstatus Cagar Alam.
Letak : Kecamatan Oiseli, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Koordinat: 11o 00’36” LU – 122o 52’37” BT
Sebelah Utara: Berbatasan dengan Laut Sawu
Sebelah Timur: Berbatasan dengan Laut Timor
Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Kepulauan Cartier dan Ashmore
         (Australia)
Sebelah Barat: Berbatasan dengan Kabupaten Sabu Raijua
Jarak ke Australia: 386, 87 mil Laut /605, 37 Kilometer
Karakteristik : Pulau Dana Rote terbentuk dari karang dan pasir. Tutupan lahan berupa semak belukar, savana, dan beberapa tanaman keras. Perbukitan kecil terletak di tengah pulau dengan hamparan karang berongga diatasnya. Juga terdapat tiga danau, yaitu Danau Merah, Danau Biru, dan Danau Hijau. Luas : 14,19 km2 / 1400 hektar
Potensi Kelebihan : Pulau Dana Rote mempunyai potensi pariwisata yang beragam. Selain budaya, pariwisata laut dan alam bawah lautnya sangat kaya. Pantai Dana merupakan surga bagi peselancar.
Potensi Ancaman Keamanan : Sebelum Pulau Dana Rote dijaga oleh Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (SATGASPAM) Marinir TNI AL dan berstatus Cagar Alam. Dulu Pulau Dana Rote ini bisa dicaplok Australia sebagai bagian dari teritorinya, karena di pulau itu sudah ditempati oleh bule Australia. Bahkan warga negara Australia yang dulu menghuni pulau itu telah membangun sebuah resort untuk kebutuhan wisatawan asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar